ANALISIS FUNGSI JOSHI “GA” DALAM BUKU DONGENG MOMOTARO KARYA MATSUI TADASHI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi joshi ga dalam dongeng Momotaro karya Matsui Tadashi. Penelitian ini menggunakan teori fungsi joshi ga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) menyatakan subjek , (2) menyatakan objek, (3) memberikan penjelasan tambahan bagi subjek, (4) menggabungkan dua bagian kalimat, menyatakan bahwa bagian kalimat yang ada sebelumnya merupakan ungkapan penjelasan, tambahan atau pengantar bagi kalimat berikutnya, (5) menggabungkan dua bagian kalimat yang tidak sepadan dan berlawanan, (6) dipakai di akhir kalimat untuk menghentikan pembicaran.
Fungsi joshi ga yang terdapat dalam buku teori terbagi menjadi enam fungsi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat lima fungsi yang digunakan dalam dongeng Momotaro karya Matsui Tadashi.Dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa fungsi joshi ni yang berfungsi menyatakan subjek terbanyak yaitu 18 kalimat, dan fungsi yang paling sedikit adalah fungsi memberikan penjelasan tambahan bagi subjek yaitu 1 kalimat dan dipakai di akhir kalimat untuk menghentikan pembicaran. Fungsi yang tidak ditemukan adalah fungsi joshi ga menggabungkan dua bagian kalimat yang tidak sepadan dan berlawanan dikarenakan banyak kalimat yang setara di dalam dongeng tersebut. Ditemui dalam dongeng ini bahwa ditemukan banyak kalimat majemuk oleh karena itu fungsi yang banyak terdapat di dalam dongeng ini ialah menyatakan subjek di dalam kalimatnya.
Kata kunci: Analisis, joshi ga
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta.
Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chandra, T. 2009. Nihongo no Joshi. Jakarta: Evergreen Japanese Course.
Chino, Naoko. 2001. Partikel Penting Bahasa Jepang. Diterjemahkan oleh: Nasir Ramli. Jakarta : Kesaint Blanc.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Herdiansyah, Haris. 2015. Wawancara, Observasi dan Focus Groups. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Istiqomah, dkk. 2015. “Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Jepang Siswa SMK Bagimu Negriku Semarang”.Jurnal. UNNES.
Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rinneka Cipta.
Muqorrobin, Arif. 2013. “Analisis Fungsi Partikel “O” dalam Buku The Adventure of Momotaro The Peach Boy”. Skripsi. UNNES.
Paramita, Dhyana. 2015. “Analisis Penggunaan Fungsi Kakujoshi“Ga” Dalam Novel Out Karya Natsuo Kirino”.Skripsi.Jakarta : Universitas Binus.
Rahmah, Yuliani. 2013. “Unsur Budaya Masyarakat Jepang dalam Sanmai no Ofuda”.
https://ejournal.undip.ac.id/index.php/izumi/article/view/6233, diakses pada 02 November 2018.
. 2017. Minwa : Gambaran Nilai Kehidupan Masyarakat Jepang. Jurnal Universitas Diponegoro, Vol. 6, No. 1
Setiyadi, Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sutedi, Dedi. 2003. Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung : Humaniora Utama Press (HUP)
Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung : UPI Press.
Sudjianto dan Ahmad Dahidi. 2014. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta : Kesaint Blanc
Sudjianto.2007. Gramatika Bahasa Jepang Modern. Jakarta: Oriental dari Kesaint Blanc
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tadashi, Matsui. 1992. Momotaro. Japan: Nagaoka Shoten.
Tim Guru Indonesia. 2015. Top No. 1 Ulangan Harian. Jakarta: Bintang Wahyu
Unsriana, Linda. 2007. Nilai Didaktis dalam dongeng Anak Jepang (Analisis Dongeng Tsuru No Ongaeshi). Jurnal Lingua Cultura, Vol. 1, No. 1
. 2013. Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Jepang (Minwa). Jurnal Humaniora, Vol. 4, No. 1
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana
Widjono. 2011. Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo
Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Padang: FBS UNP Press.
Zalman, Hendri. 2014. Kosa Kata Bahasa Jepang Dasar.Padang: FBS UNP Press.
Zulaikha, Siti. 2015. “Analisis Kesalahan Penggunaan Joshi (Joshi) pada Mahasiswa Semester Tiga”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i3.104
Refbacks
- There are currently no refbacks.