EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KAHOOT TERHADAP PENGUASAAN GOI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PADANG

Azola Minata, Damai Yani

Abstract


EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KAHOOT TERHADAP PENGUASAAN GOI SISWA KELAS X

SMA NEGERI 4 PADANG

 

Azola Minata[1], dan Damai Yani, S.Hum, M.Hum[2]

                                      Pendidikan Bahasa Jepang

                                       Fakultas Bahasa dan Seni

                                       Universitas Negeri Padang

email: azolaminata@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya penguasaan goi pada siswa. Hal ini disebabkan karena latihan dalam proses pembelajaran yang masih kurang bervariasi, salah satu contoh latihan yang dapat digunakan adalah Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kahoot  terhadap penguasaan goi siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu “posttest only control grup design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang yang terdaftar pada periode Januari-Juli tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah 32 orang siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan 33 orang siswa kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah skor hasil tes akhir penguasaan goi tanpa dan dengan menggunakan Kahoot siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang. Skor hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kahoot pada penguasaan goi. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Kahoot efektif secara signifikan terhadap penguasaan goi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang karena t hitung  > t tabel ( 5,21 > 2,00 ) pada taraf signifikan 0,05. Jadi, disimpulkan bahwa penguasaan goi siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang dengan menggunakan Kahoot lebih baik dari pada tanpa menggunakan Kahoot.

 

Kata Kunci: Goi, Kahoot dan Efektivitas

 

Abstract

This research is backed by the lack of goi mastery in students. This is because the exercises in the learning process are still less varied, one example of exercises that can be used is Kahoot. This study aims to determine the effectiveness of Kahoot on the mastery of goi class X SMA Negeri 4 Padang. This study used a quantitative approach with a pseudo-experimental "posttest only control group design" method. The population in this study is a class X SMA Negeri 4 Padang which is registered in the period of January-July 2018/2019 school year. The research sample is 32 students in grade X MIPA 6 as an experimental class and 33 students in grade X IIS 1 as a control class. This research data is the final test score of goi mastery without and by the use of kahoot grade X SMA Negeri 4 Padang. The test results were compared to using the test-t formula to determine the effectiveness of kahoot mastery of goi. Based on test-t results, it was concluded that the learning to use kahoot significantly effectively on the mastery of goi in grade X students of SMA Negeri 4 Padang because T count > T table (5.21 > 2.00) at a significant level of 0.05. So, it was concluded that the governance of the goi class X SMA Negeri 4 Padang by using kahoot is better than without using kahoot.

 

Keywords: Goi, Kahoot and effectiveness

DAFTAR PUSTAKA

Alim, Burhanuddin. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Irawati, Magdalena. 2018. Profil Minat dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII I SMP Negeri 5 Yogyakarta Pada Pokok Bahasan Penyajian Data Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Mardianti, Yosla dan Yani, Damai. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang (Goi) Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Padang.(online)

Masidjo. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Sudjianto dan Dahidi. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Kesaint Blanc.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


[1] Japanese Language Education of FBS Universitas Negeri Padang graduated on September 2019

[2] Lecturer of English Department of FBS Universitas Negeri Padang


Full Text:

PDF

References


Alim, Burhanuddin. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Irawati, Magdalena. 2018. Profil Minat dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII I SMP Negeri 5 Yogyakarta Pada Pokok Bahasan Penyajian Data Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Mardianti, Yosla. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Penguasaan Goi (Goi) Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Padang. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Masidjo. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Sudjianto dan Dahidi. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Kesaint Blanc.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v2i1.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.