ANALISIS JENIS DAN STRUKTUR KALIMAT DALAM SAKUBUN MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG

ani hardianti, Hendri Zalman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan jenis dan struktur  kalimat dalam sakubun mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Jepang UNP. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalimat berdasarkan jenis dan strukturnya yang diperoleh dari sakubun mahasiswa. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah sakubun mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Jepang UNP yang berjumlah 30 sakubun. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, jenis kalimat berdasarkan predikat yang digunakan dalam sakubun  mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Jepang UNP peneliti menemukan 332 kalimat. Jenis kalimat doushibun sebanyak 202 yang terdiri dari 132 jenis kalimat tadoushibun, 70 jenis kalimat jidoushibun. Jenis kalimat keiyoushibun sebanyak 35 yang terdiri dari  11 jenis kalimat i-keiyoushi, 24 jenis kalimat na-keiyoushi. Jenis kalimat meishibun berjumlah 31. Sedangkan jenis kalimat lain berjumlah 64. Kedua, struktur kalimat yang digunakan dalam sakubun  mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Jepang UNP peneliti menemukan 332 kalimat. Kalimat yang berstruktur SP sebanyak 50, kalimat yang berstruktur SOP berjumlah 77, kalimat yang berstruktur SOKP sebanyak 4, dan kalimat yang berstruktur lain sebanyak 201. 


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatimah, Siti. 2012. “Analisis Kontrasif Struktur Kalimat Bahasa Arab dan Bahasa Persia. Skripsi. Yogyakarta : Unversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hidayat, Syarifudin dan Sedarmayanti. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung : CV. Mandar Maju.

Indrowaty, Sri Aju. 2014.”Jenis Kesalahan Yang Biasa Terjadi Dalam Karangan Siswa Berbahasa Jepang”. Jurnal Pendidikan. Vol.3. No. 2. Diakses pada 4 februari 2019.

Istiqomah, Novie Lita. 2016. “Struktur Kalimat, Struktur Paragraf, dan pola Pengembangan Paragraf Dalam Wacana Perundang-Undangan Tetang Pendidikan Tahun 2014”. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Mellia, Khasanah Prihatin Maryam. 2015.”Pengaruh Kemampuan Bunpou Terhadap Kemampuan Sakubun Pada Mahasiswa Semester IV Angkatan 2012 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES. Skripsi.Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Moleong, Lexi J. 2002. Metode Penelitian kualitatif. Bandung : PT Remaja RosdaKarya.

. 2014. Metode Penelitian kualitatif. Bandung : PT Remaja RosdaKarya.

Muhammad. 2016. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Nurastuti, Wiji. 2007. Metodologi Penelitian. Magelang : Ardana Media.

Nursan, Dermanda Ridhawaty. 2016. “Kontrruksi Kalimat Dalam Karangan Mahasiswa Transfer Yunnan Minzu University (YMU) Di Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Onafiani, Libriana. 2015. “Analisis kontrasif Struktur Kalimat Pasif Bahasa Jepang Dengan Kalimat Pasif Bhasa Jawa”. Skripsi. Malang : Universitas Brawijaya.

Ramlan, M. 2001. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Setiyadi, Ag. Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Bahasa Asing. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta : Gajahmada University Press.

Sudjianto. 2010. Metode Keterampilan Pembelajaran Bahasa Jepang. Bekasi : Kesaint Blanc.

Sudjianto, dan Ahmad Dahidi.2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Bekasi : Kesaint Blanc.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutedi, Dedi. 2003. Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung : Humaniora.

Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

Sutedi, Dedi. 2009. “Beberapa Alternatif untuk Mengatasi Masalah dalam Pembelajaran Sakubun”. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang ASPBJI Korwil Jabar. Vol.2. No.2. FBSS UPI. Diakses pada 24 September 2018.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Tata Bahasa. Bandung : Angkasa.

Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Padang: FBS UNP Press.

Zalman, Hendri. 2012. “Penggunaan Teknik 5W + 1H di dalam Pembelajaran Menulis Sakubun”. Seminar dan Workshop Pengajaran Bahasa Jepang ASPBJI. FIB UNAND.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v2i1.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.