ANALISIS KESALAHAN JOSHI DALAM TEKS SAKUBUN MAHASISWA TAHUN MASUK 2016 PROGAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG

masroini masroini, Leni Marlina, Hendri Zalman

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan mahasiswa dalam menggunakan joshi pada teks sakubun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan joshi dalam teks sakubun  mahasiswa tahun masuk 2016 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data berupa lembar jawaban teks sakubun mahasiswa. Responden penelitian ini berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil penelitian kesalahan joshi pada teks sakubun mahasiswa, diketahui bahwa kesalahan joshi ni dan no merupakan kesalahan tertinggi dengan persentase 17,24%, sedangkan  kesalahan  terendah  terdapat pada joshi to dan mo dengan persentase 3,44%.

 

Kata Kunci: Analisis, Joshi, Sakubun

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Jakarta: Rineka Cipta.

Hodri, Muhamad. 2017. “Analisis Kesalahan Penggunaan Joshi pada sakubun Mahasiswa Semester 3”. Jurnal Undhiksa. Vol. 8(2): 35-43.

Sari, Yona Dwita. 2013. “Analisis Kesalahan Penggunaan Fungsi Joshi Wa Dan Ga Dalam Mata Kuliah Sakubun”. Jurnal UNRI. Vol 4(2): 1-7.

Sutedi, Dedi. 2003. Dasar- dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

Wahyudin, Zida. 2012. “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Tugas Sakubun”. Jurnal Parafrase Vol. 12(02):28-33.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v2i2.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.