Analisis Jenis Onomatope dalam Buku Kotobazukan: Yousu no Kotoba Karya Gomi Tarou

Rofifah Yuba Huwaida, Nova Yulia

Abstract


Penelitian ini membahas tentang onomatope bahasa Jepang berdasarkan jenisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis onomatope yang terdapat dalam buku Kotobazukan: Yousu no Kotoba karya Gomi Tarou. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuanlitatif dengan metode analisis deskriptif. Data dari penelitian ini adalah kata yang mengandung unsur onomatope di dalam buku Kotobazukan: Yousu no Kotoba karya Gomi Tarou. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa jenis yang paling banyak dalam buku Kotobazukan: Yousu no Kotoba karya Gomi Tarou yaitu jenis giyougo dan jenis yang paling sedikit adalah jenis gijougo

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah. 2010. Metode Linguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulya, Komara. 2013. Fukushi Bahasa Jepang. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Panduwinata, Lydia. 2013. “Variasi Makna dan Penerapan Onomatope dalam Komik Bakuretsu Utahime 21 Karya Igarashi Kaoru”. Jurnal Japanology Vol. 1 No. 2. Hlm. 1-2.

Rdj, Eren Khazainurifintha, Nova Yulia dan Damai Yani. 2018. “Analisis Jenis, Bentuk, dan Makna Onomatope Bahasa Jepang dalam Manga B Group no Shounen X Karya Haruki Sakurai”. Jurnal Omiyage Vol. 1 No. 3. Hlm. 2.

Sanjaya, Mathius Richard. 2013. “Analisis Penggunaan Onomatope Terkejut dalam Komik Btoom, Gakkou no Kaidan, dan Crayon Shinchan”. E-Thesis S1 BINUS. Hlm. 5.

Tanaka, Toshiko. 2008. Guidance on Japanese Grammar. Tokyo: Kindai Bungeisha.

Tarou, Gomi. 1985. Kotobazukan: Yousu no Kotoba. Japan: Kaiseisha.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i5.145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.