Pengaruh permainan mencocokkan kata dengan gambar terhadap penguasaan goi siswa SMA negeri 4 pariaman

Husnil Khatimah, Nova Yulia

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penguasaan Goi siswa kelas XI SMA N 4 Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan mencocokkan kata dengan gambar berpengaruh terhadap  penguasaan goi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 15 orang dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai  kelas eksperimen sebanyak 15 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini yaitu hasil posttest kelas eksperimen dan  kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes objektif pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel  yaitu 2,2 > 1,70. dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan mencocokkan kata dengan gambar terhadap penguasaan goi siswa SMA Negeri 4 Pariaman.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman dan Ellya Ratna. 2003. Evaluasi dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Haq, M. (2019). Hiragana Goi Karuta sebagai Media Pembelajaran Kosakata Dasar Bahasa Jepang.

Hesriani, Jufri dan Yani. 2018. Efektivitas Metode Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) Terhadap Kemampuan Goi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Omiyage. Volume 1 (No) 1. Padang Universitas Negeri Padang.

Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. 2011. Metode Permainan-permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Pertalola, Maretta dan Nova Yulia. 2019. “Efektivitas Media Lagu Bahasa Jepang Terhadap Penguasaan Goi Siswa Kelas X SMAN 5 Padang”. Omiyage. Padang: Universitas Negeri Padang.

Saraswati, Anggi Mutiara. 2015. “Efektivitas Permainan Kata Berkait Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Siswa MAN 1 Magelang”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sudjianto, dan Ahmad Dahidi. 2009. Pengantar Lingusitik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (mix Methods). Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti. 2007. “Efektivitas Teknik Permainan Mencocokkan Kata Dan Gambar Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Prancis”. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sutedi, Dedi. 2011. Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang (Edisi Revisi). Bandung: Humaniora.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Yulia, Nova. 2020. Students’ Mastery On Writing Kanji At Japanese language Education Study Program Of UNP. Jurnal Kata: Penelitian Tentang Ilmu Bahasa dan Sastra. p. 35-43.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v5i1.412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.