ANALISIS KESALAHAN PERUBAHAN DOUSHI BENTUK-TE PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 8 PADANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan mahasiswa dalam dalam mengubah doushi bentuk-te. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan jenis kesalahan perubahan doushi bentuk-te siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Padang. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Padang, dan sampelnya adalah 35 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Padang. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan intrumen tes objektif. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa kesalahan diantaranya bentuk kesalahan, yaitu kesalahan morfologi ditemukan 190 atau 18% kesalahan, serta jenis kesalahan mistake ditemukan 318 atau 30% kesalahan, jenis kesalahan lapses ditemukan 59 atau 6% kesalahan, dan kesalahan error ditemukan 89 atau 8% kesalahan.
Kata Kunci : analisis kesalahan, doushi, doushi bentuk-te
Full Text:
PDFReferences
Harisal. 2015. Analisis Kesalahan Dalam Karangan Bahasa Jepang Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Hasanuddin. Tesis. Makasar: Universitas Hasanuddin.
Medina, Tiara Wira. 2016. Analisis Kesalahan Perubahan Kata Kerja Bentuk-Te Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Muhlisian, Asep Achmad. 2013. “Analisis Kesalahan Penerjemahan Bahasa Jepang yang Terdapat Dalam Karya Ilmiah Mahasiswa S2”. Jurnal ASPBJI (Gakkai) Korwil Jabar. Vol.7 (1)
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: CV. Mandar Maju.
Sudjianto. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.
Sutedi, Dedi. 2003. Dasar- dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.
Zalman, Hendri. 2014. Kosa Kata Bahasa Jepang. Padang: UNP Press.
____________. 2016. Analisis Kesalahan Modifikasi Doushi Renyoukei Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNP Tahun Masuk 2014. Jurnal Puitika. Vol.12 (1)
DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i2.51
Refbacks
- There are currently no refbacks.