Efektivitas Media Video Terhadap Kemampuan Hiragana Siswa SMA Pertiwi 1 Padang

Rini Yulia Fitri, Damai Yani

Abstract


Tantangan yang dihadapi siswa ketika mempelajari hiragana, ketidaktertarikan mereka pada bahasa tersebut, dan sifat usang dari materi yang sebelumnya digunakan untuk mengajarkan hiragana adalah tujuan dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media video pada siswa kelas XI IPS SMA Pertiwi 1 Padang efektif dalam meningkatkan keterampilan hiragananya. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest dengan metodologi one group dan eksperimen kuantitatif. Strategi purposive sampling digunakan untuk memperoleh data siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 29 orang. Ada tiga puluh soal pada tes objektif pilihan ganda yang berfungsi sebagai alat pengumpulan data. Hasil uji-t menunjukkan bahwa H1 diterima pada tingkat signifikan karena sig dari 0,05), menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan hiragana posttest dibandingkan dengan pretest. Terbukti keterampilan hiragana siswa kelas XI IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang sangat dipengaruhi oleh media video.


Keywords


Effectiveness, Video Media, Hiragana.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. rev. ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Afifatu, Rohmawati. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, vol. 9 no.1, hal. 15-32.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Alim, Burhanuddin. (2014). Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daryanto, (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Harimurti, Kridalaksana. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Renariah. (2002). Bahasa Jepang dan Karakteristik. Journal: Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Kristen Maranatha, 1 (2), hlm. 1-16

Rohman, M. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pusaka Karya

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Pratiknya Jakarta: Bumi Aksara.

Sutedi, Dedi. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Upi Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alphabet

Soepardjo, Djodjok. (2012). Linguistik Jepang. Surabaya: Bintang

Vera, (2020). Keefektifan Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Berbasis Video Pada Materi Kankouchi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.

Yani, D. (2016). Metode Audio-Lingual Dalam Pembelajaran Kaiwa. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran. ejournal.unp.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v6i2.720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.