Efektivitas Media Puzzle Terhadap Penguasaan Hiragana Siswa SMA

Bunga Putri Zhelita, Rita Arni

Abstract


Mempelajari hiragana bukanlah suatu hal yang mudah, karena dari segi huruf, hiragana mempunyai bentuk huruf yang berbeda-beda dan jumlahnya banyak, sehingga hal itulah yang membuat pembelajar bahasa Jepang merasa kesulitan. membantu mereka merasakan misalnya kesulitan dalam membedakan atau mengingat huruf. Berdasarkan observasi peneliti pada saat melakukan Praktek Kerja Lapangan (PLK) periode Juli-Desember 2022 di SMAN 13 Padang dan wawancara yang dilakukan kepada guru dan siswa di sekolah tersebut, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari hiragana karena mempunyai ruang yang besar. banyaknya huruf dan kesamaan bentuk huruf sehingga menyebabkan menurunnya penguasaan dan minat belajar hiragana. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif untuk membantu atau memudahkan siswa dalam meningkatkan penguasaannya ketika mempelajari hiragana. Penggunaan media puzzle dapat membantu atau mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap penguasaan hiragana siswa kelas XII IPS SMAN 13 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XII IPS 3 yang berjumlah 32 orang. Hasil uji-t  diterima pada taraf signifikansi 0,05, karena nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti penguasaan hiragana pada posttest jauh berbeda dengan pretest. Dengan kata lain penggunaan media puzzle yang efektif dalam pembelajaran hiragana.


Keywords


Hiragana, Media, Puzzle

Full Text:

PDF

References


Adrianto, Refnaldi, Yulia, Nova. (2018). Dampak Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X IPA 2 dan IPA 3 SMA Kartika 1-5 Padang. Omiyage: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang.

Ananda, Yuanita. (2019). Pengaruh Terapi Bermain Puzze Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Pra Sekolah Di TK Inti Gugus Tulip III Padang Tahun 2018. Jurnal Keperawatan Abdurrab, Vol. 2 No. 2 hal 29-35. Online. ttps://jurnal.univrab.ac.id. Diakses pada 27 Juli 2019.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arni, Rita., & Suciaty, Prisyanti. (2021). An Analysis of Student's Hiragana Latters Mastery at Japanese for general Purpose Course of Universitas Negeri Padang. Google Scholar. (https://www.atlantis press.com/procedings/psshers-20/125958144). Diakses pada 25 September 2023

Danasasmita,Wawan. (2009). Metodologi Pembelajaran Bahasa Jepang. Bandung: Rizai Press.

Ginty, Alif Tina. (2017). Efektivitas Permainan Puzzle Kosakata untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Inoue, T., Georgiou, GK, Muroya, N., Maekawa, H., & Parrila, R. (2017). Prediktor Kognitif Perolehan Litersi Dalam Suku Kata Hiragana dan Kanji Morfografis. Membaca dan Menulis: Jurnal Interdisipliner, 30 (6), 1335-1360.

Ismail, Andang. (2011). Education Games.Yogyakarta: Pro U Media.

Situmorang, Mulkan Andika. (2012). Meningkatkan Kemampuan Memahami Wacana melalui Media Pembelajaran Puzzle. Kode: Jurnal Bahasa. Vol.1 No.1.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v6i2.725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.