efektivitas media card sort dalam meningkatkan penguasaan goi siswa SMAN 7 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/omg.v5i2.368Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala yang dihadapi siswa dalam mempelajari goi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media card sort efektif dalam penguasaan goi siswa kelas X IPS SMAN 7 Padang. Metode yang digunakan daam penelitian ini adalah kuantitaif dengan jenis eksperimen semu, desain penelitian yaitu one group pretest posttest desain. Populasi dalam penilitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 7 Padang yang belajar bahasa Jepang dengan jumlah siswa sebanyak 159 orang. Sampel dalam penelitian sebanyak 40 orang siswa kelas X IPS 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis berbentuk objektif. Hasil penelitian yaitu hipotesis diterima, hal itu dapat dilihat dari thitung lebih besar dari ttabel (8,95 >2,00). Hal tersebut menunjukkan bahwa media card sort efektif untuk meningkatkan penguasaan goi siswa kelas X IPS SMAN 7 Padang.
References
Abdurahman dan Elya Ratna. (2003). Evaluasi dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBSUNP.
Ahmad, Farhah Khoiriah. (2014). Efektivitas Pendekatan Quantum Learning Tipe
Card Sort Untuk Meningkatkan Kemahiran Menulis Bahasa Arab
Siswa Kelas Vii Mts Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2013/2014.
Skripsi Unnes: Tidak diterbitkan.
Ahmad Dahidi & Sudjianto. 2004.Pengantar Linguistik Bahasa Jepang.
Jakarta: Kesaint Black
Anni, Catharina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri
Semarang Press.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT. Asdi Mahasatya.
________. 2016.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad. 2013. Media Pembelajaran.Cetakan ke-16 Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Dahidi, Ahmad dan Sudjianto. 2004.Pengantar Linguistik Bahasa Jepang.
Jakarta: Kesaint Blanc.
________. 2009.Pengantar Linguistik Bahasa Jepang.Jakarta: Kesaint Blanc.
Departemen Pendidikan Nasional.2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka
Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa. Jakarta: Indeks
Fachruddin. 2011. “Penerapan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Pokok Bahasan Nun Sukun atau Tanwin Bertemu Huruf Hijaiyah Kelas IV SD”. Skripsi. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang. Tidak Diterbitkan.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriana, Kharisma. 2013. “Meningkatkan Prestasi Belajar IPA melalui
Strategi Card Sort pada Siswa Kelas IV MI Ma'arif Mendongan
Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran
/2014”. Skripsi.Salatiga. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN)
Salatiga. Tidak Diterbitkan.
Haq, M. (2019). Hiragana Goi Karuta sebagai Media Pembelajaran Kosakata Dasar Bahasa Jepang.
Hayashi Ookii, dkk. 1990. Nihongo Kyouiku Handobukku. Tokyo: Taishuukan
Shoten.
Hesriani, Jufri dan Yani. 2018. Efektivitas Metode Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) Terhadap Kemampuan Goi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri2 Padang Panjang. Jurnal Omiyage. Volume 1 (No) 1. Padang Universitas Negeri Padang.
Hestiyani, Yosha 2019. Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di sekolah
Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM.
Semarang: RaSAIL Media Group
Jalius dan Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Keraf, Gorys. 2017. Tata Bahasa Indonesia. Ende Flores: Nusa Indah.arigan. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.
Marno dan Muhammad Idris. 2009. Strategi & Metode Pengajaran.
Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Masitoh. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Derektorat Jendral Pendidikan Agama Islam Departemen Agama Islam RI.
Matsumura, Kenji dkk. 1998. Kokugo Jiten. Tokyo: Obunsha
Mursyidin. 2011. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Pokok QS. AlBayyinah melalui Metode Card Sort pada Siswa Kelas VI MI Tsamrotul Huda 2 Jatirogo Bonang Demak Tahun Ajaran 2010/2011”. Skripsi. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang. Tidak Diterbitkan.
Nikmah, Faridzotun. 2017. Persepsi Siswa terhadap Media Card Sort Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang.Skripsi Unnes
Permendikbud No. 103 Tahun 2013 tentang Pembelajran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rahmalina, Reny and Suciaty, Prisyanti (2019) Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Jepang di SMK Kartika 1-5 Kota Padang. In: Prosiding Seminar Nasional Bahasa Jepang 1 (MINASAN-1) 2019, 22 Oktober 2019, Padang
Riduwan.2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti
Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rizkiyati, Fitri (2013). Pengaruh Penggunaan Strategi Card Sort Terhadap Penguasaan Pola Kalimat Bahasa Jepang Siswa Kelas X SMA.
Sadiman, Arief S. (dkk). 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Soedjito. 2017. Kalimat Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Setiyadi, Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing.
Yogyakarta: Graha Ilmu
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________.2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2013.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukiman.2012. Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta: PT Pustaka
Insan Mandani, Anggota IKAPI.
Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora
Utama Press.
________.2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. UPI Press.
Zalman, Hendri.2014. Kosakata Bahasa Jepang Dasar. Padang: UNP Pers.
Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka
Insan Madani.
https://milenialjoss.com/jenis-jenis-media-pembelajaran/diakses 17/03/2021 pukul 21.43 WIB