Persepsi siswa terhadap Penerapan Model Pembelalajaran Flipped Classroom berbasis video pada Pembelajaran Moji Goi
DOI:
https://doi.org/10.24036/omg.v5i2.587Keywords:
Flipped Classroom, Moji, Goi, Persepsi, VideoAbstract
Penelitian ini membahas tentang persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbasis video pada pembelajaran moji goi atau pembelajaran huruf dan kosakata. Siswa yang menjadi responden penelitian adalah siswa semester satu dan tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Kegiatan di kelas lebih terfokus kepada siswa daripada hanya menyimak penjelasan materi. Karena siswa sudah memahami konsep materi sebelum mengikut pembelajaran. Model ini efektif diterapkanĀ dalam pembelajaran moji goi yang banyak aktiftas driil secara mandiri. Instrument yang digunakan yaitu berupa angket terbuka, kemudian digunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjabarkan hasil dan pembahasan. Dari penelitian ini dapat dipahami bahwa penerapan model ini pada perkuliahan sangat disukai oleh siswa, mereka menjadi lebih percaya diri dan kegiatan dikelas bisa lebih terfokus pada pemantapan materi.