Efektifitas Media Karuta Terhadap Penguasaan Hiragana Siswa Kelas XII SMAN 2 Sungai Limau

Authors

  • Iramayu Cici
  • Meira Anggia Putri Universitas Negeri Padang

Keywords:

Hiragana, Media, Karuta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam mempelajari hiragana, kurangnya minat siswa dalam mempelajari hiragana, dan keterbatasan variasi media dalam mempelajari hiragana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media karuta efektif dalam penguasaan hiragana siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Sungai Limau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu, desain penelitian yaitu one group pretest posttest desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sungai Limau yang belajar bahasa Jepang dengan jumlah siswa sebanyak 215 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XII IPA 1 sebanyak 30 orang. Data dalam penelitian ini yaitu hasil pretest dan posttest kelas XII IPA 1. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 40 soal. Hasil penelitian yaitu hipotesis H0 ditolak, hal itu dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon signed ranks test diketahui probabilitas (Asymp.Sig) adalah 0,001<tingkat signifikansi 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa media karuta tidak efektif untuk meningkatkan penguasaan hiragana siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Sungai Limau.

References

Alim, Burhanuddin. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Amja, Vionaliza Ligenesia dan Meira Anggia Putri. “Efektivitas Permainan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Penguasaan Goi Tingkat Dasar Pada Siswa Kelas XI Tahun Masuk 2018 SMA Negeri 5 Padang”. Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang Vol 2, (3). Hal 153.

Arikunto, Suharsimi. 2010.Manajemen Penelitian.Jakarta: PT Rineka Cipta.

. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bull, David. 1996. Karuta:Sport bor Culture?. Japan Quarterly. Vol. 43 hal. 67.http://www.asahi-net.or.jp/~xs3d-bull/essays/karuta/karuta.html diakses tanggal 15 Oktober 2020.

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa. Jakarta: Indeks

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haq, M. (2019). Hiragana Goi Karuta sebagai Media Pembelajaran Kosakata Dasar Bahasa Jepang.

Harimurti, Kridalaksana. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hidayatullah, Taufik, 2015. ‘’Efektivitas Penggunaan Kartu Karuta Pembelajaran Kanji Pada Mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Jepang UPI Angkatan 2012’’. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rayandra, Ayhar. 2012.Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta:Referensi.

Saitama Prefecture Karuta Association. (2010). Kyogy Karuta Handbook.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, Dedi. 2011.PenelitianPendidikan BahasaJepang.Bandung: UPIPress.

Taynton, Keith dan Masako Yamada. (2012). Using a Japanese Card Game Karutato Enhance Listening and Speaking Skills in Japanese Learners of English.

Yuana, Cuk. 2012. Nihongo Yasashii SMA Kelas X. Surabaya: Yudhistira.

Zalman, Hendri. 2014. Kosakata Bahasa Jepang Dasar. Padang: UNP Pers.

http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional (diakses pada tanggal 27 Agustus 2021)

Downloads

Published

2024-12-16

Issue

Section

Articles