ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR KATAKANA SISWA SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Vanda Yulia Azriska, Maulluddul Haq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja penyebab kesulitan belajar katakana pada siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 125 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa faktor eksternal lebih berpengaruh terhadap kesulitan belajar katakana dengan hasil sebesar 50,95% sedangkan faktor internal hanya berpengaruh sebesar 49,05%. Berdasarkan dari semua indikator faktor internal (kesehatan, intelegensi dan bakat, minat dan motivasi, cara belajar) masuk ke dalam kategori “tinggi”, indikator cara belajar merupakan indikator yang memiliki persentase paling rendah, dengan demikian cara belajarlah yang paling memiliki pengaruh paling tinggi terhadap penyebab kesulitan belajar katakana. Pada indikator faktor eksternal (keluarga, sekolah, masyarakat) masuk ke dalam kategori “tinggi”, akan tetapi indikator masyarakat memiliki persentase paling rendah, berdasarkan hal tersebut faktor masyarakat yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap penyebab kesulitan belajar katakana.


Keywords


faktor internal eksternal, kesulitan, katakana

Full Text:

PDF

References


Danasasmita, W. (2002). Masalah-masalah Pendidikan Bahasa Jepang di Indonesia, Bandung; Risqi Press.

Darmayanti, Y. E. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat Bahasa Jepang Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Kurniah, S. (2013). Faktor Kesulitan Belajar Huruf Hiragana pada Siswa Kelas X SMAN 3 Pekalongan. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rachmawati, D. D. (2022) Faktor kesulitan belajar huruf katakana siswa SMA selama penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Skirpsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Slameto. (2015). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suryana. (2021). Keefektifan Aplikasi Katakana Memory Hint Terhadap Penguasaan Katakana Siswa SMA. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Jurnal.

Varera, L. (2018) Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Tekstil Kelas X Busana. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Vera, O. (2014). Kemampuan Membaca Huruf Katakana Pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Zalman, H. (2018). Belajar dari Kesalahan: Analisis Kemampuan dan Analisis Kesalahan sebagai Evaluasi 2 Dimensi. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Jepang ASPBJI Korwil Sumbar. http://repo.unand.ac.id/20302/




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v6i1.633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.