PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMAN 6 PADANG

Dzulmi Raina Syifa, Hendri Zalman

Abstract


Untuk meningkatkan proses efisiensi dan efektifitas hasil belajar, perlu diperhatikan gaya belajar siswa. Namun, tidak semua pihak yang terkait dengan pembelajaran memperhatikan hal tersebut. Padahal, secara teoritis gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa di SMAN 6 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design dengan desain ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 6 Padang yang berjumlah 360 siswa yang terdiri dari X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPA 4, X IPA 5, X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3, X IPS4, IPSX5.Data sampel diambil dari seluruh kelas X IPA yang terdiri dari 5 siswa kelas sebanyak 180 orang dengan teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. 0,015 < 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 6 Padang tahun ajaran 2022/2023, dimana dari ketiga gaya belajar tersebut yang paling berpengaruh adalah gaya belajar auditorial, kemudian dilanjutkan dengan gaya belajar visual kemudian gaya belajar kinestetik.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, (2010). Hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SMP Islam YKS Depok.

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3856/1/ANDRIANSYAH-FITK.pdf, diakses pada Agustus 2022

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Gora, Wirastwan dan Sunarto. 2010. Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK, Jakarta: Elexmedia Komputindo. Wulandari, R. 2011.

Gunawan, Adi W. 2006. Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Jelita, Citra Nurani. 2022.

Kamal. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik instalasi Listrik dengan Model Pembelajaran Talking Stick SMK NEGERI 8 JENEPONTO.

https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12002, diakses pada Agustus 2022.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang:

Pusat Pengembangan MKU-MKDK UNNES 20012.

Zalman, H. 2021. Kurikulum Pembelajaran Bahasa. Depok: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v6i1.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.