Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi adanya pengaruh media gambar terhadap kemampuan membuat teks transaksional. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar terhadap penguasaan teks transaksional siswa SMA PGRI 2 Padang. Jenis peneltian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA PGRI 2 Padang yang berjumlah 60 dan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik total sampling yang berjumlah 30 orang untuk kelas kontrol dan 30 orang untuk kelas eksperimen. Data penelitian ini adalah nilai tes kemampuan memahami teks transaksional siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tujuan pada teks transaksional berdasarkan indikator. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui beberapa hal berikut. Pertama, kemampuan memahami teks transaksional siswa SMA PGRI 2 Padang tanpa menggunakan media gambar berada pada penguasaan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan perolehan rata-rata 71,2. Kedua, kemampuan memahami teks transaksional siswa SMA PGRI 2 Padang dengan menggunakan media gambar berada pada penguasaan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B) dengan perolehan rata-rata 81,73. Ketiga, penggunaan media gambar memiliki pengaruh terhadap kemampuan memahami teks transaksional siswa SMA PGRI 2 Padang. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data normal dan homogen sehingga analisis menggunakan uji parametik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji-t yang disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak pada taraf signifikan 95% dengan dk = n-1 karena α > sig (0,05 > 0,001). Oleh karena itu, gambar media berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks transaksional Siswa SMA PGRI 2 Padang
Keywords
Pengaruh; Media Gambar; Teks Transaksional
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Bineka Cipta.
Dinilhaq, Salman. dan Hendri Zalman. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Dokkai Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang Tahun 2018/2019. Journal of Japanase Language Teaching, 3(1), 44-49. Jennah, Rodhatul. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Djiwandono, Soenardi. (2008). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks.
Jennah, Rodhatul. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Santoso, Doni Anggoro Ari. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Kredo, 2(1), 181-194.
Sarwendah, Pininto. (2019). Teks Interaksi Interpersonal dan Transaksional. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.
Anas Sudijono (1996), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjianto. (2010). Metodelogi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Jepang. Bekasi: Kesaint Blank.
Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.
Sutedi. (2018). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.
Zalman, Hendri. 2021. Kurikulum Pembelajaran Bahasa. Depok: PT Raja Grafindo Persada.