efektifitas modifikasi permainan monopoli terhadap penguasaan kosakata Bahasa Jepang

Rensi Jofira, Meira Anggia Putri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang efektifitas penggunaan modifikasi permainan monopoli terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya efektifitas penggunaan modifikasi permainan monopoli terhadap penguasaan kosakata Bahasa Jepang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu “posttest only control grup design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang yang terdaftar pada periode Januari-Juli tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian adalah 33 orang siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah skor hasil tes akhir penguasaan penguasaan kosakata bahasa Jepang tanpa dan dengan menggunakan modifikasi permainan monopoli siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Skor hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya efektifitas yang terjadi. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa penggunaan modifikasi permainan monopoli efektif secara signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang karena t hitung  > t tabel ( 6,22> 2,00 ) pada taraf signifikan 0,05. Jadi, disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang dengan menggunakan modifikasi permainan monopoli lebih baik dari pada tanpa menggunakan modifikasi permainan monopoli.

 

Kata kunci: Kosakata bahasa Jepang, efektifitas, modifikasi permainan monopoli

 


Full Text:

PDF

References


Alim, Burhanuddin. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yokyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar.2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Silvia dan Putri, Meira Anggia. 2018. Pengaruh Ludo Word Game Secara Berkelompok Terhadap Kemampuan Kosakata Pada Siswa SMA Negeri 8 Padang. (online)

(htpp://omiyage.ppj.unp.ac.id) diakses pada 10 Juni 2019.

S Yuknia, Elmar dan Yulia, Nova. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Induktif Kata Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Dasar Bahasa Jepang Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 1 Padang. (online)

(htpp://omiyage.ppj.unp.ac.id) diakses pada 20 Februari 2019.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i5.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.