Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X SMAN 6 Padang

Afriyona Marta, Nova Yulia

Abstract


Abstrak

Proses pembelajaran Bahasa Jepang di Indonesia masih sering menemui beberapa kendala dalam mempelajari huruf. Penggunaan huruf yang berbeda menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pembelajar merasa kesulitan dalam mempelajari Bahasa Jepang. Karena ada prinsip yang tidak terpenuhi yaitu penggunaan media serta metode atau teknik yang digunakan tidak sesuai. Berdasarkan apa yang peneliti amati pada saat melaksanakan praktik lapangan kependidikan (PLK) di SMAN 6 Padang serta wawancara yang peneliti lakukan dengan siswa, menunjukkan minimnya minat dan kemampuan siswa dalam mempelajari hiragana. Sehingga pencapaian tujuan belajar tidak maksimal. Oleh karena itu, diperlukan media tertentu untuk mempermudah dalam menguasai dan sebagai pemacu untuk menarik minat siswa dalam mempelajari hiragana. Penggunaan media kartu kuartet dirasa dapat mengatasi permasalahan diatas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh dari media kartu kuartet terhadap penguasaan hiragana siswa kelas X SMAN 6 Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu, dengan posttes tonly control group design. Sedangkan teknik penyampelan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 5 dengan jumlah 69orang. Hasil analisis data, diperoleh thitung dengan ttabel taraf signifikan 0,05% adalah 2,00 dengan derajat kebebasan dk=n1+n2-2. Hal ini berarti thitung  > ttabel  (3,41 > 2,00). Maka hipotesis diterima, karena thitung  > ttabel.

 

Kata kunci: Hiragana, Media, Kartu Kuartet.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurahman dan Elya Ratna. 2003. Evaluasi dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Padang : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP.

Adriyanto, Refnaldi, Yulia Nova. 2018. “Dampak Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X Ipa 2 Dan Ipa 3 Sma Kartika 1-5 Padang”: Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang.

Alim, Burhanuddin. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Aprodita, Pipit Putri. 2014 “Efektivitas Teknik Permainan Kartu Kuartet dalam Mengingat Kosakata Bahasa Jepang”. (Online) (http://repository.upi.edu/16298/), diakses pada 02 Juni 2019.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dendra, Hasnovi. 2016. “Penguasaan Huruf Kanji Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2015/2016 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang” : Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang.

Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Izmayanti, Dewi Kania & Amril Oslan. 2011. Pengantar Sejarah Jepang. Padang:Bung Hatta University Press.

Khotimah, Yunita & Susanti. 2014. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Media Kartu Kuartet Dan Tanpa Menggunakan Media Kartu Kuartet” (Online) (https://www.e-jurnal.com/2016/03/perbedaan-hasil-belajar-siswa-yang.html?m=1), diakses pada 28 November 2018.

Kriwandani, Maulidta Andriningrum & Prihatnani, Erlina. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Dengan Media Kartu Kuartet Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Semester 1 Tahun Ajaran 2014/2015” (Online) (repository.uksw.edu/handle/123456789/5622), diakses pada 02 Juni 2018.

Lusiana, Evi. dkk. 2017. Nihingo Kirakira Bahasa Jepang untuk Kelas SMA/MA KELAS X. Jakarta. Erlangga.

Rahmi, Ulfia, Aneos Noviyanti, dan Dewi J Melia. 2016. Efektivitas Metode Card Sort Terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Hiragana Dalam Bahasa Jepang.(Online)(http://ejournal.upi.edu/index.php/japanedu/article/view/3837/2735). Diakses pada 25 Maret 2019

Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S., Rahardjo, Haryono Anung, & Harjito. 2014. Media pendidikan.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Setiyadi, Bambang Ag. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Sidawati, Cici Yurinta. 2016. “Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Prancis Peserta Didik Kelas Xi Aph 2 Smk Wiyasa Magelang Dengan Media Permainan Kartu Kuartet” (Online) (eprints.uny.ac.id/37003/1/SKRIPSI.pdf) diakses pada 24 Oktober 2018.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan(Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statstika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung:

Humaniora Utama Press.

Sutedi, Dedi. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung:

UPI Press.

S Yuknia, Elmar. 2016. “Pengaruh Penggunaan Model Induktif Kata Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Dasar Bahasa Jepang Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 1 Padang” : Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang.

Tarigan, Hendry Guntur. 1993. Dasar-dasar Kurikulum Bahasa. Bandung: Angkasa.

Yuana, Cuk. 2012. Nihongo Yasashii SMA Kelas X. Surabaya: Yudhistira.

Yusuf, Muri. 2005. Dasar-dasar dan Teknik Evaluasi Pendidikan Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Penjamin Serta Penetapan Mutu Pendidikan terhadap Berbagai Komponen Pendidikan. UNP Pers: Padang.

Zalman, Hendri. 2014. Kosakata Bahasa Jepang Dasar. Padang: UNP Press.

Zulfikar dan Azizah, Laelah. 2017. “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MA Negeri 1 Makassar” (Online) (ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/4412) diakses pada 24 Oktober 2018.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v2i1.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.