ANALISIS KEMAMPUAN PENGGUNAAN JODOUSHI SOUDA DAN YOUDA PADA MAHASISWA TAHUN MASUK 2017 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Gita Maharani, Nova Yulia

Abstract


Penelitian ini membahas tentang kemampuan penggunaan jodoushi souda dan youda mahasiswa tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan penggunaan jodoushi souda dan youda mahasiswa tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang dengan jumlah mahasiswa 56 orang yang terdiri dari dua kelas. Kelas Jepang 1 berjumlah 29 orang dan kelas Jepang 2 berjumlah 27 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes kemampuan penggunaan jodoushi souda dan youda mahasiswa tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kemampuan jodoushi souda dan youda secara umum berada pada kualifikasi kurang dengan rata-rata 46,57. Sedangkan kemampuan jodoushi souda sebagai youtai berada pada kualifikasi cukup dengan rata-rata 58,63 dan kemampuan jodoushi youda sebagai futashikana dantei berada pada kualifikasi kurang dengan rata-rata 41,50.
Kata kunci: jodoushi, souda, youtai, youda, futashikana dantei


Full Text:

PDF

References


Khairani, Miftahul dan Yulia, Nova dan Putri, Meira Anggia. “Analisis Pembentukan Fukugougo dalam novel Harii Potta To Kenja No Ishi Karya J.K Rowling”. Jurnal. Padang: Universitas Negeri Padang.

Lidra, Harviko. 2018. “Kemampuan Penggunaan Jodoushi –Souda pada mahasiswa tingkat III Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang”. Skripsi. Padang : Universitas Negeri Padang.

Monika, Rika. 2017. “Analisis Perbedaan Nuansa Makna dari Kata ‘Soudesu dan Youdesu’ dalam Kalimat Bahasa Jepang yang terdapat dalam Majalah Nipponia”. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta.

Sutedi, Dedi. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung : UPI Press.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v2i1.125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.