Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Pasif (Jodoubun) Dalam Tes Bunpou Mahasiswa Tahun Masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang

Lhutfiah Nur Putri, Hendri Zalman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam penggunaan kalimat pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan, jenis kesalahan dan penyebab kesalahan penggunaan kalimat pasif dalam tes bunpou mahasiswa tahun masuk 2017 pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis data kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa JPG 2 tahun masuk 2017 yang berjumlah 31 orang. Data penelitian ini adalah hasil tes bunpou dengan menggunakan instrumen tes bentuk objektif. Berdasarkan hasil dari penelitian, terdapat bentuk kesalahan morfologi sebesar 28% dan pada bentuk kesalahan sintaksis sebesar 34%. Kemudian terdapat jenis kesalahan lapses sebesar 5.4% dan pada jenis kesalahan mistake sebesar 5%. Dan pada penyebab kesalahan yang disebabkan oleh interferensi bahasa ibu ditemukan kesalahan sebesar 9%, pada faktor performansi 7%, faktor kompetensi sebesar 55.4% dan pada faktor generalisasi sebesar 31.4%.


Full Text:

PDF

References


Alim, Burhanuddin. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati. 2011. “Analisis Kesalahan Pemakaian Kalimat Pasif Bahasa Jepang pada Mahasiswa S1 Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angkatan Tahun 2009. Program Studi Sastra Jepang, Universitas Brawijaya”. Jurnal. Malang: UB

Hidayah, Lailatun Nurul. 2015. “Analisis Kesalahan Penggunaan Ukemi, Shieki Dan Shieki Ukemi Dalam Kalimat Bahasa Jepang”. Skripsi. Semarang: UNNES.

Novikasari, Isnaini. 2016. “Kesalahan Penggunaan Kalimat Pasif Bahasa Jepang Pada Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Diponegoro”. Skripsi. Semarang: UNDIP.

Oktaviani, Desi, Fitrawati dan Damai Yani. 2018. “Analisis Kesalahan Perubahan Doushi Bentuk –Te Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Padang”. Jurnal Omiyage. Padang: UNP

Parera, Jos Daniel. 1997. Linguistik Edukasional: Metode Pembelajaran Bahasa, Analisis, Kontrastif Antarbahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.

Putri, Ikhlas, Fitrawati dan Damai Yani. 2018. “Analisis Kesalahan Penggunaan Josuushi Mahasiswa Tahun Masuk 2017 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang”. Jurnal Omiyage. Padang: UNP

Renariah. 2005. “Gramatika Bahasa Jepang”. Jurnal Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Kristen Maranatha. Vol. 4 (2).

Setiyadi, Ag. Bambang. 2006. Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing (Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sutedi, Dedi. 2014. Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

. 2015. Kalimat Pasif Bahasa Jepang (Kajian Sintaksis, Semantis, Pragmatis, dan Kontrastif serta Implikasinya dalam Pengajaran). Bandung: Humaniora.

. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang (Panduan Bagi Guru dan Calon Guru Dalam Meneliti Bahasa Jepang dan Pengajarannya). Bandung: Humaniora dan UPI Press.

Tarigan, Henry Guntur. dkk. 1996. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Three Air Corporation. 2008. Minna no Nihongo II. Surabaya: International Mutual Activity Foundation (IMAF) Press (Co-publisher Indonesian Edition).

Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Padang: FBS UNP Press.

Zalman, Hendri. 2014. Kosa Kata Bahasa Jepang Dasar. Padang: UNP Press.

, Hendri. 2017. “Analisis Kesalahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNP Dalam Memodifikasi Keiyoushi”. Laporan Penelitian. Padang: FBS UNP




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v2i2.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.