KORELASI KEBIASAAN MENONTON DRAMA DENGAN KEMAMPUAN GOI MAHASISWA TAHUN MASUK 2018 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Humairah Humairah, Meira Anggia Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi atau tidak ada korelasi yang signifikan antara kebiasaan mahasiswa menonton dorama dengan kemampuan goi (kosakata bahasa Jepang) mereka. Desain penelitian ini adalah desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Jumlah total populasi adalah 65 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas JPG 2 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengetahui kebiasaan menonton dorama mahasiswa dan uji kosakata untuk mengetahui kemampuan goi mahasiswa. Ada tiga rumusan masalah yang harus dijawab pada penelitian ini. Hasil dari rumusan masalah pertama adalah nilai rata-rata angket kebiasaan menonton dorama adalah 62,54. Hasil dari rumusan masalah kedua adalah kemampuan goi mahasiswa mendapat nilai rata-rata 73,44. Hasil perhitungan rumusan masalah yang ketiga adalah nilai korelasi dari dua variabel; kebiasaan menonton dorama dan kemampuan goi adalah 0,891. Hal ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, itu berarti ada korelasi yang signifikan antara kebiasaan menonton dorama dengan kemampuan goi mahasiswa.
Kata kunci : Kebiasaan, menonton dorama, goi (kosakata)


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman dan Ellya Ratna. 2003. Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BHP UMY. 2017. PBY UMY Adakan Seminar Dinamika Pendidikan Perkembangan Bahasa Jepang. www.umy.ac.id. Diakses pada 20 Maret 2019.

Chaer, A. 2007. Kajian Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

David, Saunir Saun,dan Meira Anggia Putri. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Penguasaan Goi oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 IV Koto. Jurnal Omiyage 2 (1). Hal. 2.

Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa. Malang: Indeks.

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Pt. RajaGrafindo Persada.

Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara 1 (4). Hal. 12.

Firmansyah, Asep. 2016. Ujian Kemampuan Bahasa Jepang. https://japanesian.id/bahasa-jepang/. Diakses pada 20 Maret 2019.

Hasan, M. Iqbal. 2011. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Satatistik Dekskriptif). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Indrowaty, Sri Aju. 2014. Jenis Kesalahan yang bisa terjadi dalam Karangan Mahasiswa Berbahasa Jepang. Jurnal Educate 3 (2). Hal. 48-50.

Julisa, Tio Hirda. 2012. Hubungan Kemampuan Berbicara (Kaiwa) dengan Kebiasaan Menonton Nihon dorama. Jurnal Pendidikan. Hal. 1-2.

Mustafidah. 2012. Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nazir. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Oktaviana, Talia. 2018. Hubungan Kebiasaan Menonton Anime dengan Penguasaan Kosakata (Goi) Mahasiswa Kelas XII IPS SMA Negeri 12 Pdang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Pratama. 2013. Correlation Between Students Habit in Watching English Movie and Their Vocabulary Size. Jurnal U-JET 4 (9).

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Rachmawati, Aulia. 2018, The Relationship between Students Habit in Watching English Movie and Their Listening Achievement. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sadiman, Arief S dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Saraign. 2008. Drama Televisi Jepang. https://id.m.wikipedia.org/wiki/ , diakses 6 Maret 2019, 21.57.

Setyadi, Bambang, Ag. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjianto dan Ahmad Dahidi. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sutedi, Dedi. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: UPI Press.

Takamizawa, Akira dkk. 2004. Hajimete no Nihongo Kyouiku. Jepang: The Japan Foundation.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Three Air CCorporation. 2008. Minna no Nihongo II. Surabaya: International Mutual Activity Foundation (IMAF) Press (Co-publisher Indonesian Edition).

Ulfiani, Uun. 2018. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemandirian Belajar pada Mahasiswa kelas VI di gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Cilongok. Jurnal Pendidikan. Hal. 7.

Wahidati, lufi. 2018. Pengaruh Konsumsi Anime dan Manga terhadap Pembelajaran Budaya dan Bahasa Jepang. Jurnal Izumi 7 (1). Hal. 2-4.

Widayati, Nurul Hafizah. 2018. Hubungan Penguasaan Goi dengan Kemampuan Dokkai Mahasiswa Tahun Masuk 2017 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu

Widiansyah, Subhan. 2016. Dampak Keberadaan Industri dan Program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Perubahan Struktur Sosial Masyarakat. Jurnal Pendidikan. Hal. 58-59.

Zalman, Hendri. 2016. Kosakata Bahasa Jepang Dasar. Padang: FBS UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v2i2.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.