Efektivitas Permainan Bursa Kata Terhadap Penguasaan Goi Siswa SMA N 4 Padang

weni Dessari, Damai Yani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala yang dihadapi siswa dalam mempelajari  goi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  apakah permainan bursa kata efektif terhadap penguasaan goi siswa kelas X IPS SMA N 4 padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA N 4 Padang yang belajar bahasa Jepang yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 164 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu X IPS 2 sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol dan X IPS 3 sebanyak 32 siswa  sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis berbentuk objektif. Hasil dari penelitian yaitu hipotesis (H1) diterima, hal itu dapat dilihat dari thitung lebih besar dari pada ttabel (5,64>1,67) . Hal tersebut menunjukkan bahwa permainan bursa kata efektif untuk meningkatkan penguasaan goi siswa kelas X IPS SMA N 4 Padang.


Full Text:

PDF

References


Alim, Burhanuddin. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta: Graha llmu.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Hanum, Ghiska Nabila. 2015. Efektivitas Permainan Bursa Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Menguasai Kosakata Siswa SMAN 2 Indramayu. Skripsi. Semarang: Universtas Negeri Semarang.

Hesriani, Jufri dan Yani. 2018. Efektivitas Metode Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) Terhadap Kemampuan Goi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri2 Padang Panjang. Jurnal Omiyage. Volume 1 (No) 1. Padang Universitas Negeri Padang.

Lusiana, Evi. 2009. Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 Untuk Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah Kelas X さくら. Jakarta: The Japan Fandation.

Sudjianto dan Ahmad Dahidi. 2009. Peengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Oriental.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, Dedi. 2003. Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i5.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.