kemampuan menggunakan doushi bentuk te dan doushi bentuk tari pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa jepang tahun masuk 2018 universitas negeri padang

nadia indah sari, Damai Yani

Abstract


 

Penelitian ini membahas tentang kemampuan menggunakan doushi bentuk –te dan bentuk –tari mahasiswa semester II tahun masuk 2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menggunakan doushi bentuk –te dan bentuk –tari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang tahun masuk 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jepang-1 tahun masuk 2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang yang berjumlah 32 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jepang-1 tahun masuk 2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang yang berjumlah 32 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes kemampuan menggunakan doushi bentuk –te dan bentuk –tari mahasiswa semester II tahun masuk 2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa Kemampuan menggunakan doushi bentuk-te dan doushi bentuk-tari, mahasiswa kelas Jepang-1 tahun masuk 2018 berada pada kualifikasi ‘cukup baik’ dengan nilai rata-rata 64,8, menggunakan doushi bentuk-te dan doushi bentuk-tari untuk indikator I (mengubah bentuk doushi) berada pada kualifikasi ‘cukup baik’ dengan rata-rata 66,25, untuk indikator II (menggunakan doushi pada kalimat rumpang) berada pada kualifikasi ‘cukup’ dengan rata-rata 59,38.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman dan Ellya Ratna. 2003. Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (Buku Ajar). Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP.

Alim, Burhanuddin.2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Ternate: Graha Ilmu

Alwasilah, Chaedar. 2010. Filsafat Bahasa dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

A.R., Syamsyuddin dan Damaianti Vismaia S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

. 2010. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Kajian Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Cynthia Natalie, Torana. 2010. “Analisis Perbedaan Fungsi Toka dan Tari Sebagai Joshi dalam Novel Massuguni Karya Azami Aoki.” Skripsi. Jakarta: Bina Nusantara.

Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: Indeks

Maksan, Marjusman dan Ermanto.2011.Dasar-Dasar Ilmu Bahasa.Padang.UNP Press

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghaha Indonesia.

Nino,S,Harryken. 2002. Bahasa Jepang Tingkat Menengah. Jakarta: Puspa Swara.

Oktaviani, Fitrawati, Yani. 2018. Analisis Kesalahan Perubahan Doushi Bentuk-Te Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Padang Jurnal Omiyage Vol 1, (2). Hal 4 http://omiyage.ppj.unp.ac.id/index.php/omiyage

Permatasari, Kun M., and Riri Hendriati Juariah. "Analisis Materi Ajar Verba Bentuk–Te." Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2014/2015. Universitas Darma Persada.

Poncowati, Sri Utami. 1994. Bertahap Berbahasa Jepang. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Satyawati, Made Sri. 2018. “Penguasaan Verba Bentuk-te untuk Menyatakan Kegiatan Sedang Berlangsung dan Kegiatan Berurutan pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA PGRI 6 Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017”Skripsi. Denpasar: Universitas Udayana.

Setiyadi, Bambang Ag. 2006. Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Asing. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjianto, dan Ahmad Dahidi., 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Oriental

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Bandung: Alfabeta.

Sunagawa, Yuriko. 1998. Nihongo Bunkei Jiten.Tokyou : Kuroshio

Sutedi, Dedi. 2008. Dasar- dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora

Uno, Usman. 2012.「~たり、~たりします」di https://wkwkjapan.com/tatabahasa/kk1-tari-kk2-tari-shi-masu/. (diakses 14 februari)

Zaim. 2014. Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Padang: UNP

Press

Zalman, Hendri. 2014. Kosa Kata Bahasa Jepang. Padang: UNP Press.

スリーエーネットワーク.2013.みんなのにほん語: 翻訳.文法解説.広島: 株式会社スリーエーネットワーク.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i5.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.