EFEKTIVITAS PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP PENGUASAAN GOI TINGKAT DASAR SISWA KELAS XI TAHUN MASUK 2018 SMA NEGERI 5 PADANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala siswa dalam memahami goi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media Teka-Teki Silang (TTS) efektif dalam pembelajaran goi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Padang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 5 Padang dengan program peminatan bahasa Jepang sebanyak 95 siswa, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen tes tertulis berupa objektif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media Teka-Teki Silang (TTS) efektif dalam pembelajaran goi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Padang signifikan 0,05. Hal tersebut terlihat dari Fhitung < Ftabel (1,57 < 1,86).
Kata Kunci : media Teka-Teki Silang, penguasaan goi
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Medikawati, Julie. 2012. Membuat Anak Gemar dan Pintar Bahasa Asing. Jakarta: Visimedia.
Mujib dan Rahmawati. 2011. Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.
Poerwadarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sadiman, Arief S. 1990. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.
Sholihah, Hanifah Nur, 2015. Penggunaan Media Teka-Teki Silang untuk meningkatkan Kosakata bahasa Arab Siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Maudlu’ul Ulum Pandean Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Soedjito. 1992. Kosa Kata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.
Zaini, Hisyam . 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i5.140
Refbacks
- There are currently no refbacks.