Efektivitas Media Lagu Bahasa Jepang Terhadap Penguasaan Goi Siswa Kelas X SMAN 05 Padang

Maretta Pertalola, Nova Yulia

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penguasaan goi siswa kelas X SMAN 05 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan goi siswa kelas X SMAN 05 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan X IPA 3 kelas kontrol berjumlah 35 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes kemampuan kosakata siswa kelas X SMAN 05 Padang. Berdasarkan hasil analis data dapat disimpulkan bahwa. Penguasaan goi siswa kelas X SMAN 05 Padang dengan menggunakan media lagu bahasa Jepang berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata 80,68. Sedangkan penguasaan goi siswa kelas X SMAN 05 Padang tanpa menggunakan media lagu bahasa Jepang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata 74. Berdasarkan hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan dari penggunaan media lagu bahasa Jepang terhadap penguasaan goi siswa kelas X SMAN 05 Padang karena nilai thitung>ttabel (6,07>1,66).

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman dan Elya Ratna. 2003. Evaluasi dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Padang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta .

Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa. Jakarta: Indeks.

Emzir. 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Grimonia, Eya. 2014. Dunia Musik. Bandung: Nuansa Cendikia.

Kumalasari, Novi Deriska. 2011. “Efektivitas Media Lagu dalam meningkatkan Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Temanggung”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang.

Lusiana, Evi dkk. 2017. Nihongo Kira Kira. Jakarta: Erlangga

Nasution, Talia Oktaviana Sari, Siti Fatimah, Nova Yulia. “Hubungan Menonton Anime dengan Kosakata (Goi) Mahasiswa Kelas XII IPS SMA Negeri 12 Padang Tahun Ajaran 2017/2018”. Jurnal Omiyage vol 1 no 1. Hal 1.

Nggri, Ardityati May. 2014. “Keefektifan Penggunaan Media Lagu Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Muntilang Magelang”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Sadiman, Arif S dkk. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiyadi, Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana. 2005. Metode Statiska. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjianto. 2010. Metodologi Pembelajaran Keterampilan Bahasa Jepang. Bekasi: Kesaint Blanc.

Sudjianto dan Ahmad Dahidi. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, Dedi. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

Takamizawa, Akira. 2004. Hajimeteno Nihongo Kyouiku. Jepang: Japan Foundation.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Tito, Reza Muhammad. 2016. “Efektivitas Penggunaan Media Lagu Berbahasa Jepang Pada Pembelajaran Kosakata Dalam Bahasa Jepang”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zalman, Hendri. 2014. Kosakata Bahasa Jepang Dasar. Padang: FBS UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v2i2.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.