analisis kesalahan shiekibun pada mahasiswa pendidikan bahasa jepang tahun masuk 2017 universitas negeri padang
Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisis kesalahan shiekiebun mahasiswa tahun masuk 2017 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kesalahan, jenis kesalahan, dan penyebab kesalahan penggunaan shiekibun padamahasiswa tahun masuk 2017 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2017 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang yang berjumlah 56 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Data penelitian ini adalah nilai tes kesalahan shiekiebun mahasiswa tahun masuk 2017 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terdapat bentuk kesalahan morfologi sebesar 40,2%, dan pada bentuk kesalahan sintaksis sebesar 59,8%. Kemudian terdapat jenis kesalahan lapses sebesar 53,8%, dan Mistake sebesar 46,2%. Dan pada penyebab kesalahan yang disebabkan oleh faktor performansi 23,8%, faktor kompetensi sebesar 70,7%, dan faktor generalisasi sebesar 5,5%.
Kata kunci: Analisis Kesalahan, shiekiebun
Full Text:
PDFReferences
Dahidi, Ahmad dan Sudjianto. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta : Oriental
Hidayah, Lailatur Nurul. 2015. “Analisis Kesalahan Penggunaan Ukemi, Shieki,dan Shieki Ukemi dalam Kalimat Bahasa Jepang”., Universitas Negeri Semarang (https://lib.unnes.ac.id/18557/), diakses pada 13 Januari 2019
Ivond Mangerongkonda, (2013) “Analisis Kesalahan Kata Kerja Kausatif (Shieki Doushi) dalam Kalimat Bahasa Jepang. Universitas Negeri Semarang (https://lib.unnes.ac.id/18557/), diakses pada 14 Januari 2019
Pateda, Jos Daniel. 1997. Linguistik Edukasional. Jakarta : Erlangga
Pieka.2012. Analisis Kesalahan Berbahasa. Artikel. http://piiekaa.blogspot.com, diaksespada 16 Maret 2019.
Pranowo. 1996. Analisis Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pratiwi, Dahidi, dan Haristiani. 2016. Analisis kesalahan pelafalan huruf konsonan tsu dalam bahasa Jepang terhadap penutur bahasa Indonesia. JAPANEDU, vol.1 no.1.
Setiadi, Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif.Yogyakarta : Graha Ilmu
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutedi, Dedi. 2003. Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung : Humaniora Utama Press.
Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung : Humaniora dan UPI Press.
Tarigan, Hendry Guntur. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v3i1.187
Refbacks
- There are currently no refbacks.