PERSEPSI SISWA TERHADAP CARD SORT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HIRAGANA
Abstract
Abstrack
Latters or in Japanese are known as moji is one of the characteristics of Japanese. There are three types of letters in Japanese namely kanji, kana and romaji. One part of kana’s letter is hiragana. When learners learning about hiragana still often encounter problems as similar letter form and number of hiragana. In reference to the results of the questionnaire who had the researchers spread beforehand at the learner while carrying out field work practices at SMAN 3 Bukittinggi showed that learners needed media to facilitate learning to remember and understand hiragana. To overcomethe difficulty in understanding the hiragana, researchers have tried to use one of the types of visual media, namely card sort. The goal of this study is to expose the perceptions of student against card sort as a hiragana learning media. The research method of this study is descriptive quantitative. While the sampling technique uses in this study was purposive sampling. The respondents in this study is the students of class X BAHASA which amount of 35 peoples. This research instrument is a questionnaire. The type of questionnaire used is closed type questionnaire. Based on the results of the questionnaire analysis, it is kwon that the student’s perception of the card sort as a “good” hiragana learning media with a percentage of 83,32%. Refers to these results it can be seen that the media card sort can be used to facilitate the side to remember and understand hiragana.
Abstrak
Huruf (moji) merupakan salah satu karakteristik bahasa Jepang. terdapat tiga jenis huruf dalam bahasa Jepang yaitu, Kanji, Kana dan Romaji. Salah satu bagian dari huruf kana adalah hiragana. Dalam mempelajari hiragana ditemui beberapa masalah yang dialami oleh pembelajar yaitu, sering terkecohnya pembelajar dengan bentuk hiragana yang hampir mirip dan jumlah dari hiragana. Berdasarkan hasil angket yang telah peneliti sebarkan sebelumnya pada pembelajar saat melaksanakan praktek lapangan kependidikan (PLK) di SMAN 3 Bukittinggi menunjukkan bahwa pembelajar memerlukan media untuk mempermudah pembelajar mengingat dan memahami hiragana. Untuk mengatasi kesulitan dalam memahami hiragana tersebut, peneliti sudah mencoba menggunakan salah satu jenis media visual yaitu card sort. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi atau tanggapan siswa terhadap media card sort apabila digunakan sebagai media pembelajaran hiragana. Adapun metode penelitian dari penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Taknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa X BAHASA tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket jenis tertutup. Berdasarkan hasil dari analisis angket, diketahui bahwasannya persepsi atau tanggapan siswa terhadap card sort sebagai media pembelajaran hiragana mayoritas “baik” dengan persentase 83,32%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa media card sort dapat digunakan untuk memudahkan siswa untuk mengingat dan memahami hirgana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Haq, M. (2019). Hiragana Goi Karuta sebagai Media Pembelajaran Kosakata Dasar Bahasa Jepang.
Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung; PT Remaja Rosdakarya
Marta, A., dan Nova, Yulia. 2019. Pengaruh Media Kartu Kuartet terhadap Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X SMAN 6 Padang. Omiyage : Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 3(2), 2-11.
Nikmah, F. 2017. Persepsi Siswa Terhadap Media Card Sort Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang.
Renariah. 2002. Bahasa Jepang dan Karakteristiknya. Jurnal Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Kristen Maranatha. 1(2), 1--16.
Sadiman, Arief S, dkk. 2014. Media Pendidikan. Jakarta;PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembagan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta. .
Sutedi, Dedi. 2011. Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.
. 2018. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: UPI Press.
Welhelmina, M. 2017. Implementasi Penerapan Alphabox Strategy dalam Meningkatkan Kosakata Siswa Kelas XII pada Materi Ajar Hoby Und Freizeitbeschafigung di SMA Negeri 1 Saparua. Jurnal Tahuri:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, 14(2), 22-30.
Yani, Damai. 2017. “Penggunaan Aplikasi Kanji Senpai pada Android untuk Belajar Kanji Secara Mandiri.” Universitas Negeri Padang Repository.
DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v4i1.224
Refbacks
- There are currently no refbacks.