Analisis Kesalahan Fonologi Yomikata Kanji Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang

Yeni alfionita, Nova Yulia

Abstract


       

Kanji merupakan huruf yang melambangkan arti. Selain itu, kanji juga sebagai “tulang punggung” dalam kosakata bahasa Jepang. Kanji juga memiliki tiga unsur yang terkandung didalamnya, yaitu bentuk, bunyi, dan makna. Kanji menjadi huruf yang sulit untuk dipelajari oleh orang asing seperti orang Indonesia.Dalam mempelajari kanji ditemuinya beberapa masalah, salah satunya kesalahan pada cara baca kanji (yomikata kanji). kesalahan ini dilihat dari hasil pengerjaan soal ujian akhir semester Juli-Desember 2019 yang dikerjakan oleh mahasiswa. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan fonologi yang terjadi pada yomikata kanji mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Unversitas Negeri Padang.

Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan metode analisis kesalahan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa semester III JPG 2 angkatan  2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang yang berjumlah 31 orang. Data penelitian ini adalah kesalahan fonologi pada yomikata kanji. sedangkan, sumber data dari penelitian ini adalah dokumen hasil lembar jawaban UAS Juli-Desember 2019 pada mata kuliah shochukyu moji goi zenhan. Instrument penelitian pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui dari 20 kanji ditemukannya Kesalahan tersebut ditemukan sebanyak 42 kesalahan fonologi yang diantaranya 6 kesalahan dalam penambahan fonem atau silabel, 15 kesalahan dalam penghilangan fonem atau silabel dan 21 kesalahan dalam perubahan bunyi. Kesalahan fonologi terjadi karena kesalahan ejaan dalam penambahan dan penghilangan fonem, silabel, tanda baca, dan perubahan bunyi serta lambang bunyi bahasa Jepang yang membedakan bunyi fonem atau silabel berdasarkan cara baca kanji, dan tercampurnya penempatan onyomi dan kunyomi, yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang kaidah cara baca kanji.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v4i1.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.