PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENGUASAAN GOI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 IV KOTO KABUPATEN AGAM

Authors

  • David David Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Negeri Padang
  • Saunir Saun
  • Meira Anggia Putri Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/omg.v1i1.28

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain the randomized posttest only control grup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap penguasaan goi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 IV Koto Kabupaten Agam. Data diambil dari random sampel penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, dengan melakukan posttest penguasaan goi pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor tes siswa dari kedua kelas sampel dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan hipotesis alternatif (H0) diterima pada taraf signifikan 5%  karena Thitung < Ttabel (0,15<2,01) yang berarti penguasaan goi pada kelas eksperimen sama atau tidak jauh berbeda dengan kelas kontrol. Dengan kata lain, penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan goi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 IV Koto Kabupaten Agam.

Author Biography

Saunir Saun

English Language Education

References

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Dahidi, Ahmad dan Sudjianto. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Oriental

Hajime, Takamizawa dkk. 2004. Shin, Hajimete No Nihongo Kyouiku (Kihon Yougo Jiten).Nihon: ASK

Isjoni. 2011. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif: Kompetensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Pateda, Mansoer. 1995. Kosakata dan Pengajarannya. Flores: Nusa Indah

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2024-12-13

Issue

Section

Articles