PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENGUASAAN GOI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 IV KOTO KABUPATEN AGAM
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain the randomized posttest only control grup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap penguasaan goi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 IV Koto Kabupaten Agam. Data diambil dari random sampel penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, dengan melakukan posttest penguasaan goi pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor tes siswa dari kedua kelas sampel dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan hipotesis alternatif (H0) diterima pada taraf signifikan 5% karena Thitung < Ttabel (0,15<2,01) yang berarti penguasaan goi pada kelas eksperimen sama atau tidak jauh berbeda dengan kelas kontrol. Dengan kata lain, penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan goi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 IV Koto Kabupaten Agam.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Dahidi, Ahmad dan Sudjianto. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Oriental
Hajime, Takamizawa dkk. 2004. Shin, Hajimete No Nihongo Kyouiku (Kihon Yougo Jiten).Nihon: ASK
Isjoni. 2011. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif: Kompetensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada
Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Pateda, Mansoer. 1995. Kosakata dan Pengajarannya. Flores: Nusa Indah
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i1.28
Refbacks
- There are currently no refbacks.