PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENGUASAAN GOI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 IV KOTO KABUPATEN AGAM

David David, Saunir Saun, Meira Anggia Putri

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain the randomized posttest only control grup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap penguasaan goi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 IV Koto Kabupaten Agam. Data diambil dari random sampel penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2, dengan melakukan posttest penguasaan goi pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor tes siswa dari kedua kelas sampel dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan hipotesis alternatif (H0) diterima pada taraf signifikan 5%  karena Thitung < Ttabel (0,15<2,01) yang berarti penguasaan goi pada kelas eksperimen sama atau tidak jauh berbeda dengan kelas kontrol. Dengan kata lain, penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan goi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 IV Koto Kabupaten Agam.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Dahidi, Ahmad dan Sudjianto. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Oriental

Hajime, Takamizawa dkk. 2004. Shin, Hajimete No Nihongo Kyouiku (Kihon Yougo Jiten).Nihon: ASK

Isjoni. 2011. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif: Kompetensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Medan: Media Persada

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Pateda, Mansoer. 1995. Kosakata dan Pengajarannya. Flores: Nusa Indah

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i1.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.