KEMAMPUAN MAHASISWA ANGKATAN 2016 PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG DALAMPENGGUNAANJOSUUSHI YANG MENYATAKAN TANGGAL (NICHI) DAN BENDA BERBENTUK PANJANG (HON)

Deni Deni, Fitrawati Fitrawati, Nova Yulia

Abstract


Penelitian ini membahas tentang kemampuan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padangtahun masuk dalam menggunakanjosuushi nichi dan hon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang tahun masuk 2016 dalam menggunakanjosuushi nichi dan hon.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2016 yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik total sampling. Data penelitian ini adalah nilai tes kemampuan penggunaanjosuushi nichi dan honmahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif dan uraian pada josuushi nichi dan hon berdasarkan indikator.Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan diketahui beberapa hal berikut. Pertama, tingkat kemampuan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UNP tahun masuk 2016 dalam menggunakanjosuushi nichi dan hon adalah kategori lebih dari cukup dengan nilai rata-rata hitung 74. Kedua, tingkat kemampuan mengartikanjosuushi nichi dan hon mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UNP tahun masuk 2016 adalah kategori lebih dari cukup dengan nilai rata-rata hitung 72. Ketiga, tingkat kemampuan menulisjosuushi nichi dan hon mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UNP tahun masuk 2016 adalah kategori lebih dari cukup dengan nilai rata-rata hitung75.

Kata Kunci : Kemampuan, penggunaan josuushi, nichi, hon


Full Text:

PDF

References


Liana, Erin Fatkhilul. 2015. “Analisi Kesalahan Penggunaan Josuushi Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang”. Skripsi. Semarang: UNNES.

Sudjianto & Ahmad Dahidi. 2004. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.

Sudjianto & Ahmad Dahidi. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Oriental.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, Dedi. 2003. Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora Utama Press.

Zalman, Hendri. 2014. Kosa Kata Bahasa Jepang Dasar. Padang: FBS UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i1.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.