KECEMASAN BERBICARA PADAMAHASISWA SEMESTER V PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Ira Gusnovita, Delvi Wahyuni, Meira Anggia Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan berbicara mahasiswa
semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis survei. Populasi
dalam penelitian adalah mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa
Jepang Universitas Negeri Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang mahasiswa semester V Program
Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Data dalam
penelitian ini adalah skor angket kecemasan berbahasa asing dan jenis kecemasan
yang mempengaruhi mahasiswa. Adapun instrumen dari penelitian ini adalah
angket tentang kecemasan berbicara yang diadaptasi dari Horwitz's FLCAS yang
terdiri dari 33 butir pernyataan dan di skor menggunakan skala likert 1-5.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kecemasan berbicara mahasiswa
semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang berada pada kategori sedang
dengan persentase 88,57%. Kecemasan mahasiswa untuk jenis kecemasan
ketakutan dalam berkomunikasi berada pada skor 1163. Kecemasan mahasiswa
untuk jenis kecemasan kekhawatiran menghadapi tes berada pada skor 1506.
Kecemasan mahasiswa untuk jenis kecemasan takut evaluasi negatif berada pada
skor 761.
Kata Kunci : kecemasan berbicara

Full Text:

PDF

References


Amanupunnjo,Olaf G.A.2016.Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Pada Siswa Di SMA Negeri 2 Ambon. E-Journal.Salatiga: FPUKSWS.

Gebhard, Jerry G. 2006. “Teaching English As A Foreign Or Second Language”.USA: The University of Michigan Press.

Hacene.Hamada. 2010. “The Impact of Language Anxiety on Academic

Achievement among Learners of EFL”.Research. Faculty of Letters

andLanguage Universit Setif.

Hidayati, Isnaya Arina. 2014. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecemasan Berbahasa Asing Pada Mahasantri Presma K.H. Mas Mansyur

Universitas Muhammadiyah Surakarta. E-Journal. Surakarta:FP UMS.

Joni, Ari Wiryadi. 2016. "Pengaruh Anxiety Dalam Speaking Activities". JurnalBakti Saraswati Vol. 05 No. 02.

Musthachim, Anggiyna. 2014. Students' Anxiety In Learning English. Paper.

Jakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Syarif Hidatullah.

Soim, Channa. 2014. A Study Of Foreign Language Anxiety Of Male And Female Elementary School Students In Learning English. Skripsi. Yogyakarta: FBS UNY.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i1.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.