Hubungan Penguasaan Goi dengan Kemampuan Dokkai Mahasiswa Tahun Masuk 2016 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang

Yusnidarti - -, Nova Yulia, Hendri Zalman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan goi dengan kemampuan dokkai mahasiswa tahun masuk 2016 program studi pendidikan bahasa  Jepang Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif menggunakan rancangan korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2016 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik total sampling. Data penelitian ini yaitu skor tes penguasaan goi dan skor tes kemampuan dokkai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif untuk menguji penguasaan goi dan kemampuan dokkai. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan diketahui beberapa hal berikut. Pertama, nilai rata-rata penguasaan goi mahasiswa tahun masuk 2016 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang adalah 81,24 dengan kualifikasi sangat baik sekali. Kedua, nilai rata-rata kemampuan dokkai mahasiswa tahun masuk 2016 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang adalah 70,38 dengan kualifikasi baik. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan goi dengan kemampuan dokkai mahasiswa tahun masuk 2016 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1 (30-1=29). Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil pengujian membuktikan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar yaitu 5,34 >1,70.

Kata Kunci : Kebiasaan, Menonton Anime, Kosakata (Goi)

Full Text:

PDF

References


Dahidi, Sudjianto .2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.

Pratama. 2013. “Correlation Between Student’s Habit in Watching English Movie and Their Voc abulary Size”. Jurnal. Bandar Lampung. English First Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.