EFEKTIVITAS PERMAINAN BINGO TERHADAP PENGUASAAN HURUF HIRAGANA SISWA KELAS X MIA 4 SMA 8 PADANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa kendala siswa dalam mempelajari huruf hiragana.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan bingo efektif dalam pembelajaran huruf hiragana siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 8 Padang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen semu desain posttest only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Padang dengan program peminatan bahasa Jepang sebanyak 113 siswa., dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 4 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen tes tertulis berupa objektif dan isian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bingo efektif dalam pembelajaran huruf hiragana siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 8 Padang signifikan 0,05. Hal tersebut terlihat dari thitung lebih besar ttabel (1,82 > 1,69).
Kata kunci: permainan bingo,penguasaan, huruf hiragana
Full Text:
PDFReferences
Alim, Burhanuddin. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Pratiwi, Ismayani Widya. 2015. “Efektivitas Permainan Bingo Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hiragana SMA PGRI 1 Temanggung”. skipsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sari, Kharisma. 2014. “Efektivitas Penggunaan Media Bingo Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta”. skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sutedi, Dedi. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: UPI Press
Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Zalman, Hendri. 2014. Kosa Kata Bahasa Jepang. Padang: UNP Press.
DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i2.54
Refbacks
- There are currently no refbacks.