kemampuan menulis goi yang mengandung chouon pada mahasiswa semester II tahun masuk 2017 program studi pendidikan bahasa jepang universitas negeri padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan mahasiswa dalam menulis chouon (vokal panjang) yang terdapat pada goi (kosakata). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis goi yang mengandung chouon pada mahasiswa semester II tahun masuk 2017 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang secara lebih rinci sesuai dengan komposisi yang tercakup di dalamnya. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang pada bulan Mei 2018.
Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II tahun masuk 2017 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang sebanyak 65 orang mahasiswa. Sampel penelitian ini diambil hampir 50% dari populasi yaitu 30 orang mahasiswa Data dalam penelitian ini adalah skor tes kemampuan menulis goi yang mengandung chouon.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan menulis goi yang mengandung chouon secara umum diketaui memiliki kualifikasi dengan pujian dengan nilai rata-rata 91,73. Pada indikator mampu menulis goi yang mengandung chouon aa berada pada kualifikasi dengan pujian dengan nilai rata-rata 95,33. Pada indikator mampu menulis goi yang mengandung chouon ii berada pada kualifikasi dengan pujian dengan nilai rata-rata 96. Pada indikator mampu menulis goi yang mengandung chouon uu berada pada kualifikasi dengan pujian dengan nilai rata-rata 90,67. Pada indikator mampu menulis goi yang mengandung chouon ee berada pada kualifikasi dengan pujian dengan nilai rata-rata 86,67. Pada indikator mampu menulis goi yang mengandung chouon ei berada pada kualifikasi sangat baik sekali dengan nilai rata-rata 80. Pada indikator mampu menulis goi yang mengandung chouon oo berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 70,67. Pada indikator mampu menulis goi yang mengandung chouon ou mahasiswa semester II tahun masuk 2017 program studi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang berada pada kualifikasi dengan pujian dengan nilai rata-rata 90,67
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Goi,Chouon
Full Text:
PDFReferences
Chandra, T. 2008. Aksara Kana (hiragana dan katakana). Jakarta: Evergreen.
Nurjanah, Sarah. 2017. “Analisis Kesalahan Penulisan Chouon Dalam Cara Baca Kanji Level N3 Studi Deskriptif pada Mahasiswa Tingkat III Tahun Ajaran 2016- 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Renariah. 2002. “Karakteristik Bahasa Jepang”. Jurnal. Universitas Kristen Maranatha.
_______. 2006. “Bunyi Bahasa Jepang”. Jurnal. Universitas Kristen Maranatha
DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i2.57
Refbacks
- There are currently no refbacks.