Korelasi Antara Keaktifan Dalam Kegiatan Japanese Club Dengan Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler Japanese Club dengan hasil belajar bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Pertiwi 1 Padang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Japanese Club sebanyak 60 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu anggota ekstrakurikuler Japanese Club sekaligus mempelajari bahasa Jepang di dalam kelasnya yitu siswa kelas XI IPS SMA Pertiwi 1 Padang sebanyak 17 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan studi dokumentasi, berupa kehadiran, nilai tugas anggota ekstrakurikuler Japanese Club, dan hasil belajar UTS semester genap mata pelajaran bahasa Jepang siswa kelas XI SMA Pertiwi 1 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,154, yang berarti besar dari 0,05 (0,154>0,05). Hal ini membuktikan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima, itu berarti tidak terdapat korelasi antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler Japanese Club dengan hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas XI IPS SMA Pertiwi 1 Padang.
Kata kunci : Keaktifan, Ekstrakurikuler, Hasil Belajar, Bahasa Jepang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. https://www.detikpendidikan.id/2020/12/pengertian-hasil-belajar-menurut-ahli.html?m=1. diakses pada Desember 2022
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik; edisi revisi 2010. Jakarta :Rineka Cipta.
Djafri, N. 2008. Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa pada Pesantren Al-Khaerat Kota Gorontalo. Jurnal inovasi, 5(3).
Inriyani, Y., Wahjoedi, W., & Sudarmiatin, S. 2017. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Isjoni. 2008. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta. http://eprints.uny.ac.id/67294/3/3.%20BAB%20I.pdf diakses pada Juni 2023
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah. https://drive.google.com/file/d/0B3A0t6LLh7oHcEJyRG5ES3NnYlE/view?resourcekey=0-DHoSx0tMkNTJCRi2OpmPKw diakses pada 15 Agustus 2023.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014. Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%2062%20Tahun%202014.pdf. diakses pada Februari 2023
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224433/permendikbud-no-53-tahun-2015 diakses pada Juni 2023
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%2037%20Tahun%202018.pdf diakses pada Juni 2023
Ratminto & Winarsih, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Salim. S. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta Pustaka. http://repository.uinsu.ac.id/553/. Diakses pada Januari 2023
Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. http://rayendar.blogspot.com/2015/06/metode-penelitian-menurut-sugiyono-2013.html?m=1. Diakses pada Februari 2023.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Sutedi, D. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. (cetakan kedua). Bandung: Humaniora
Srimulyani, T. (2016). Pengaruh Motivasi Mengikuti Ekstrakurikuler Bahasa Jepang Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Jepang: Penelitian Deskriptif Terhadap Siswa Anggota Ekstrakurikuler Bahasa Jepang di SMK. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/23445/ diakses pada Februari 2023
Syifa, D. R., & Zalman, H. (2023). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMAN 6 PADANG. Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 6(1), 132-145.
Wahdiyati, L. 2016. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Mikata Nigoku Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas Xi, Xii Lintas Minat Di Sma Negeri 1 Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya.
DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v7i1.706
Refbacks
- There are currently no refbacks.