FAKTOR KESULITAN BELAJAR HIRAGANA PADA SISWA SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP

Yudi Pratama, Rita Arni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja penyebab kesulitan belajar hiragana pada siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang berjumlah sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa faktor eksternal lebih berpengaruh terhadap kesulitan belajar hiragana dengan hasil sebesar 50,69% sedangkan faktor internal hanya berpengaruh sebesar 49,31%. Berdasarkan dari semua indikator faktor internal (kesehatan, intelegensi dan bakat, minat dan motivasi, cara belajar) masuk ke dalam kategori “tinggi”, indikator intelegensi dan bakat merupakan indikator yang memiliki persentase paling rendah, dengan demikian cara intelegensi dan bakat yang paling memiliki pengaruh paling tinggi terhadap penyebab kesulitan belajar hiragana. Pada indikator faktor eksternal (keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan) masuk ke dalam kategori “tinggi”, akan tetapi indikator masyarakat dan lingkungan memiliki persentase paling rendah, berdasarkan hal tersebut faktor masyarakat dan lingkungan yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap penyebab kesulitan belajar hiragana

Keywords


Faktor Kesulitan Belajar, Hiragana

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, 3. Jakarta: Rineka Cipta.

Arni, Rita. (2020). Penguasaan Membaca Hiragana Pada Mahasiswa MKU Bahasa Jepang UNP. Padang: Universitas Negeri Padang

Danasasmita, Wawan. (2002). Masalah-masalah Pendidikan Bahasa Jepang di Indonesia, 43. Bandung: Risqi Press

Kurniah, Sri. (2013). Faktor Kesulitan Belajar Huruf Hiragana pada Siswa Kelas X SMAN 3 Pekalongan. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Salmeto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. 54-72. Jakarta. Rineka Cipta

Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan, 149. Yogyakarta: UNY Press.

_________, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan, 155. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, 14. Bandung: Alfabeta.

_________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, 68. Bandung: Alfabeta.

_________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, 117. Bandung: Alfabeta.

_________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, 118. Bandung: Alfabeta.

_________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, 92. Bandung: Alfabeta.

_________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B, 95. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, Dedi. (2018). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang (Edisi Revisi), 49. Bandung: Humaniora

Syah, Muhibbin. (2005) Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triyanto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu, 202. Jakarta: Bumi Aksara

Zalman, Hendri. (2014). Kosakata Bahasa Jepang Dasar, 1. Padang: FBS UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v6i2.726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.