ANALISIS JENIS, BENTUK, DAN MAKNA ONOMATOPE BAHASA JEPANG DALAM MANGA B GROUP NO SHOUNEN X KARYA HARUKI SAKURAI

Eren Khazainurifintha Rdj, Nova Yulia, Damai Yani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, bentuk, dan makna onomatope bahasa Jepang dalam manga B Group no Shounen X volume 1. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata yang mengandung unsur onomatope di dalam manga B Group no Shounen X karya Haruki Sakurai volume 1 yang terdiri dari 6 chapter dan 185 halaman. Berdasarkan hasil penelitian diketahui jenis onomatope terdiri dari giseigo, giongo, gitaigo, giyôgo, dan gijôgo. Jenis yang dominan adalah jenis giongo. Bentuk onomatope terdiri dari kata dasar, hatsuon/penasalan suara memiliki akhiran ~ん(N), sokuon/pemadatan suara yaitu onomatope yang memiliki akhiran ~っ(Q), cho’on/pemanjangan suara (ー), hanpukukei/pemajemukan morfem, kata dengan penambahan morfem –り(ri), dan perubahan sebagian bunyi. Bentuk yang dominan adalah bentuk sokuon/akhiran ~っ(Q). Terakhir makna yang diteliti adalah makna leksikal dan makna kontekstual yang terdapat dalam onomatope.


Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ onomatope(diakses Januari 2018).

McCloud, Scott. (2008). Mencipta Ulang Komik. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

National Institute for Japanese Language and Linguistics.http://pj.ninjal. ac.jp/archives/Onomatope/column/nihongo_3.html(diakses Januari 2018).

Pratiwi, Pradiptia Linggar. 2017. Analisis Penggunaan Onomatope Yorokobu Dalam Komik Chibi Maruko Chan. Skripsi. Binus University. http://library.binus.ac.id/Collections/ethesis_detail/2013-1-00720-JP (diakses Januari 2018).

Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Manga(diakses Januari 2018).




DOI: https://doi.org/10.24036/omg.v1i2.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.